Tugas Riset Pemasaran

Nama : Gita Rahardiyani Ayuningtyas
NPM : 10207503
Kelas : 4EA03

Review Jurnal
Tema / Topik : Pemasaran
Judul, Pengarang, Tahun :
Pengaruh Musik Pada Perilaku Berbelanja Di Supermarket, S.ANDIKA.AULIA, 2008.

1. Latar Belakang
 Ketatnya tingkat persaingan yang terjadi dewasa ini menuntut pemasar untuk lebih memahami akan kebutuhan dan keinginan konsumen. Pemasar, khususnya pemasar jasa harus mampu mengembangkan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dalam konteks pemasaran jasa, khususnya retail, pemasar harus mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik dari pesaing agar pelanggannya dapat terus dipertahankan dan tidak berdalih pada pesaing. Aktivitas pemasaran jasa, khususnya retail cenderung hanya berfokus pada kombinasi bauran pemasaran tradisional 4 P yaitu product, price, place, dan promotion.
Sebagian besar penelitian mengenai retail dilakukan hanya untuk menguji pengaruh dimensi afektif seperti pengaruh image toko terhadap persepsi toko berdasarkan bauran pemasaran 4 P yaitu harga, kualitas produk yang dijual, dan sebagainya (Areni et al., 1996). Menurut Magrath (1988) dalam Herrington dan Capella (1996), perhatian terhadap bauran pemasaran 4 P ini tidaklah cukup bagi pemasar jasa dan oleh karena itu pemasar jasa sebaiknya mempertimbangkan pengaruh sumber daya manusia, pelayanan pelanggan, dan fasilitas fisik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Banyak pemasar jasa yang memfokuskan perhatian pada peningkatan fasilitas fisik (lingkungan) untuk memperindah atmosfir sehingga nantinya dapat mempengaruhi konsumen. Menurut Milliman (1986), ada satu hal penting yang perlu ditekankan dalam customer research yaitu pemahaman bahwa orang membuat keputusan pembelian tidak hanya didasarkan pada wujud produk atau jasa yang ditawarkan tetapi juga didasarkan pada atmosfir yang secara potensial berpengaruh besar terhadap keputusan pembelian.
Pada lingkungan pemasaran jasa, khususnya retail, konsumen dapat terekspos oleh berbagai stimuli yang kesemuanya dapat mempengaruhi bagaimana pelanggan bertindak mempengaruhi terhadap apa yang mereka beli, dan mempengaruhi kepuasan mereka terhadap pengalaman berbelanja secara potensial. Musik merupakan salah satu bentuk environmental stimuli yang dapat mempengaruhi konsumen pada lingkungan jasa disamping bentuk environmental stimuli lainnya seperti warna, temperatur, dan cahaya.
Musik dapat mempengaruhi manusia dengan berbagai cara. Menurut Bruner (1990), banyak praktisi pemasaran yang mendukung pendapat yang menyatakan bahwa musik dapat digunakan sebagai stimulus baik pada lingkungan jasa retail maupun pada iklan televisi dan radio. Musik merupakan alat yang efektif dan efisien untuk menggerakkan mood dan mengkomunikasikannya secara non verbal. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila musik dipandang sebagai komponen utama dalam consumer marketing baik pemakaian musik dalam iklan maupun musik dalam lingkungan jasa retail.

2. Masalah
 Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang akan diteliti dirumuskan sebagai berikut :
a. Apakah tipe musik yang diputar mempengaruhi jumlah waktu yang dikeluarkan shopper untuk berbelanja di supermarket?
b. Apakah tipe musik yang diputarn mempengaruhi jumlah uang yang dikeluarkan shopper untuk berbelanja di supermarket?

3. Metodelogi
 Variabel : Dependen dan Independen
 Data : Sekunder
Model : Pemasaran 4 P
- Model Perilaku Konsumen dari Assael (1992).
Tahapan : Kuesioner

4. Hasil dan Kesimpulan
Hasil penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Yalch dan Spangenberg (1990) menyatakan bahwa tipe musik yang diputar (background music dan foreground music) mempengaruhi jumlah waktu dan uang yang dikeluarkan shopper untuk berbelanja. Mereka menemukan bahwa younger shopper (berusia kurang dari 25 tahun) mengeluarkan waktu belanja lebih banyak ketika diekspos background music (musik tanpa vokal/lirik), sedangkan older shopper (berusia diatas 25 tahun) mengeluarkan waktu lebih banyak ketika diekspos foreground music (musik dengan vokal/lirik).
Berdasarkan penelitian tersebut, maka penelitian ini menguji hipotesis :
Hipotesis 1: Tipe musik yang diputar mempengaruhi jumlah waktu yang dikeluarkan shopper untuk berbelanja di supermarket.
Hipotesis II: Tipe musik yang diputar mempengaruhi jumlah uang yang dikeluarkan shopper untuk berbelanja di supermarket.

5. Saran Untuk Lanjutan
 Prosedur untuk menempatkan subyek penelitian dilakukan dengan convenience. 
Convenience dilakukan untuk mempermudah peneliti mendapatkan responden. Responden yang dipilih adalah siapa saja yang datang berbelanja ke supermarket selama penelitian dilakukan dan menyatakan bersedia untuk berpartisipasi dalam penelitian. Responden dikelompokkan berdasarkan tipe musik yang diputar. Grup eksperimen adalah responden yang mendapat treatment pemutaran tipe musik (musik instrument dan musik tophits).


Sumber :
file://localhost/E:/Strategi%20Pemasaran.mht


Tiga Jurnal :
- Pengaruh Musik Pada Perilaku Berbelanja Di Supermarket, S.ANDIKA.AULIA, 2008.
- Model Perilaku Konsumen dalam Perspektif Teori dan Empiris pada Jasa Pariwisata, Sudarmiatin, 2009.
- Jurnal Manajemen Pemasaran Modern Vol. 1, Widiyanto, 2009.

0 komentar: