Produk

Nama : Gita Rahardiyani A

NPM : 10207503

Tugas : Perilaku Konsumen

Judul : Produk

“Produk Sabun Mandi”

Sabun mandi merupakan produk yang telah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan masyarakat sehari - hari. Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia, maka pasar untuk produk ini juga akan terus bertambah. Dalam industri sabun mandi dikenal ada dua bentuk yaitu sabun mandi padat dan sabun mandi cair. Tetapi, ada kecenderungan konsumen lebih memilih sabun mandi cair dibanding sabun mandi padat.

Dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 210 juta jiwa dan pertumbuhan penduduk yang mencapai 1,35 persen per tahun (sumber dari sensus penduduk), maka diprediksi dalam lima tahun mendatang penggunaan produk sabun mandi akan terus meningkat yakni sebesar lima persen per tahun. Dengan kondisi saat ini di mana produk sabun mandi cair yang beredar di pasaran sangat beragam, menyebabkan konsumen harus memilih produk seperti apa yang memang disukainya. Oleh karena itu, dengan mengetahui perilaku dari konsumen mengenai produk sabun mandi cair, maka perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasarnya melalui retensi dan akusisi. Didasari oleh hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku konsumen terhadap atribut produk sabun mandi cair, bagaimana segmentasi konsumen produk sabun mandi, baik sabun mandi cair maupun sabun mandi padat, bagaimana positioning produk sabun mandi cair berdasarkan persepsi konsumen dan bagaimana sensitifitas konsumen terhadap harga produk sabun mandi cair. Dari penelitian ini diharapkan akan diperoleh informasi strategis mengenai usaha - usaha pemasaran melalui perilaku konsumen terhadap produk sabun mandi cair.

Hasil analisis CHAID menunjukkan bahwa Konsumen terbagi dalam 3 kategori, yaitu :

  1. Konsumen yang tidak berminat untuk menggunakan produk sabun mandi cair,
  2. Konsumen yang berminat menggunakan produk sabun mandi cair, dan
  3. Konsumen pengguna produk sabun mandi cair.

Hasil pengamatan pada sekelompok kasus dan mereka menyatakan bahwa tujuan menggunakan produk sabun mandi cair adalah karena kemudahan penggunaannya, lebih higienis dan aroma produk yang tahan lama. Atribut produk sabun mandi cair yang menjadi preferesi konsumen yang berminat adalah manfaat yang ditawarkan oleh produk sabun mandi cair, harga produk yang terjangkau dan kecocokan terhadap kulit. Kemudian atribut produk sabun mandi cair yang menjadi preferesi konsumen pengguna adalah aroma atau keharuman dari produk sabun mandi cair, manfaat produk dan kecocokan terhadap kulit.

Implikasi manajerial bagi perusahaan dalam pemasaran produk sabun mandi cair yang dapat diterapkan oleh manajemen perusahaan adalah:

1. Untuk konsumen yang tidak berminat, perusahaan dapat melakukan pendekatan melalui:

a) model rangsangan dari luar seperti pemberian contoh sampel produk secara gratis,

b) pemanfaatan jasa sales promotion girl (SPG) dalam menawarkan produk langsung pada konsumen, dan

c) pemberian banded produk sabun mandi cair pada produk yang sering dibeli oleh segmen ini terutama untuk produk toiletries seperti deodorant dan cologne.

2. Untuk konsumen yang berminat, mengupayakan penyesuaian harga dengan kualitas yang sesuai dengan produk yang dipasarkan. Perusahaan dapat menetapkan strategi harga dengan baik seperti :

a) produk sabun mandi cair dikemas dalam kemasan sachet dengan harga terjangkau,

b) pembuatan kemasan botol dengan isi yang lebih sedikit,

c) kerjasama dengan pedagang terutama pedagang ritel dalam pemberian diskon untuk produk sabun mandi cair melalui paket superhemat.

3. Sedangkan, untuk konsumen pengguna, perusahaan perlu menciptakan variasi produk yang lebih memudahkan konsumen dalam penggunaannya seperti :

a) bentuk kemasan yang ramping sehingga mudah untuk dipegang,

b) tutup kemasan yang fleksibel sehingga mudah untuk menutup dan membukanya.

c) Untuk pengembangan produk berdasarkan atribut aroma, perusahaan dapat menciptakan produk dengan berbagai jenis aroma bunga seperti aroma bunga rose, mawar atau melati. Aroma lain yang juga dapat dikembangkan adalah aroma buah (seperti jeruk dan apel) dan aroma rempah - rempah.

Sumber :

  • Yupiter daniel telambanua, MB-IPB

0 komentar: